ANGKA KEMATIAN IBU

Membaca laporan Bank Pembangunan Asia yang mencatat bahwa tahun 2009 rata-rata 2,3 perempuan meninggal setiap satu jam karena melahirkan. Hal pertama yang muncul dibenak saya yaitu apakah kematian seperti ini merupakan takdir? Hampir setiap saat sering kita mendengar peristiwa kematian ibu karena melahirkan, dan angka kematian ini paling banyak disumbangkan oleh keluarga miskin. Bukankah saat ini pemerintah telah menggalakkan program kesehatan bagi keluarga miskin? Namun kenapa angka kematian ibu karena melahirkan masih banyak kita jumpai?

Ada beberapa faktor penyebab kematian ibu melahirkan yang dapat saya simpulkan berdasarkan informasi-informasi yang saya peroleh. Pertama yaitu faktor tradisi. Pengambilan keputusan persalinan seringkali terlambat karena terlalu banyak pertimbangan/diskusi keluarga sementara sang ibu akan melahirkan. Kedua yaitu faktor ekonomi. Mahalnya fasilitas KB menyebabkan meningkatnya angka kehamilan, akibatnya banyak wanita yang memilih melakukan aborsi meskipun mereka menyadari hal tersebut tidak aman. Ketiga yaitu faktor birokrasi. Seperti yang kita tahu, meskipun pemerintah memprogramkan jaminan kesehatan masyarakat miskin namun birokrasi pengurusannya sangat panjang dan sulit.

Fakta lain yang saya dapat yaitu berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan KOMPAS tentang Kesehatan Reproduksi terlihat bahwa kesadaran wanita Indonesia untuk memeriksakan kesehatan alat reproduksinya masih sangat lemah. Hanya 43,3% dari 335 responden yang pernah memeriksakan kesehatan reproduksinya sedangkan 56,7% responden tidak pernah melakukan pemeriksaan. Alasan terbesar kenapa responden tidak pernah memeriksakan kesehatan yaitu karena merasa tidak perlu (60%) dan takut (11,6%). Hal ini membuat saya berpikir, sekarang saatnya kita sebagai wanita indonesia untuk berubah karena upaya peningkatan kesehatan wanita Indonesia harus dimulai dari dalam diri wanita tersebut. Wanita Indonesia harus lebih aktif meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan harus lebih berani memeriksakan kesehatan khususnya kesehatan alat reproduksi sehingga angka kematian ibu dapat dikurangi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s