Fakta Tentang Tubuh Manusia

Tubuh manusia merupakan susunan biologis yang super kompleks. banyak dari kita yang tidak sadar betapa luar biasa dan menakjubkannya tubuh yang kita miliki. Jika dijabarkan satu per satu tentang fungsi dan cara kerja tiap sel serta organ yang ada pada tubuh manusia maka akan memakan waktu yang sangat lama dan membutukan penjelasan yang sangat rumit. Untuk itu, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah mensyukuri dan menjaganya sebaik mungkin. Berikut beberapa fakta tentang tubuh manusia yang dapat membuka mata kita tentang betapa luarbiasanya tubuh yang kita miliki:

1. Otak manusia merupakan pusat kontrol yang mengendalikan semua organ tubuh dan memiliki 14 milyar sel saraf yang disebut neurox.
2. Jantung manusia dapat berdetak sebanyak 37 juta kali dalam setahun.
3. Pembuluh darah manusia jika diukur secara  keseluruhan memiliki panjang 60.000 mil atau setara dengan 2,5 kali mengitari bumi.
4. Paru-paru manusia, jika direntangkan maka dapat menutupi sebuah lapangan tenis. Meskipun memenuhi 90% rongga dada, berat paru-paru hanya 2,5 pon.
5. Tubuh manusia memiliki 656 otot, masing-masing terdiri dari jaringan setipis rambut dan panjangnya mencapai 2 inci.
6. Kerangka manusia memiliki 206 kerangka yang terpisah dengan berbagai ukuran yang berbeda.
7. Manusia membuang 10 milyar sel kulit mati setiap hari, hal ini membuktikan bahwa kita berganti kulit lebih banyak di bandingkan dengan ular. Kebanyakan debu yang ada di rumah anda berasal dari sel kulit mati.
8. Manusia kehilangan rambut sekitar 100 lembar/hari.
9. Pada saat manusia bersin semua organ tubuh berhenti bekerja dan tekanan udara yang dihasilkan menyebabkan udara yang keluar dari sistem pernapasan tersembur dengan kecepatan 100 mil/jam dan sejauh 4 meter.
10. Telinga kiri manusia menangkap suara lebih cepat dibanding telinga kanan, meskipun selisihnya hanya sepersejuta detik. Hal tersebut berguna dalam membantu manusia untuk membedakan datangnya arah suara.
11. Setiap hari rata-rata ginjal manusia menyaring air sebanyak 40 galon dan 99%-nya diedarkan kembali. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, maka akan sangat membantu proses kerja ginjal.
12. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, jika semua air yang ada dalam tubuh manusia menguap maka berat dari tubuh manusia hanya tersisa lebih kurang 9 pounds.
[sumber: Discovery Channel/tittle: The Human Design]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s