Obat Generik Semakin Ditinggalkan

Fenomena ini menunjukkan bahwa peresepan obat generik di Rumah Sakit semakin menurun. Padahal pmerintah sudah jelas dan tegas mengatur tentang penggunaan obat generik di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/MENKES/068/I/2010. Keengganan para dokter untuk meresepkan obat generik menyebabkan penurunan penggunaan obat generik. Hal ini terlihat pada data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, periode tahun 2005-2009 menunjukkan adanya peningkatan pasar obat nasional (dari Rp 23,5 triliun menjadi Rp 32,9 triliun) tetapi hanya 10% yang dihasilkan dari penggunaan obat generik.

Adanya banyak faktor penyebab obat generik ditinggalkan. Kurangnya promosi obat generik kepada Dokter menyebabkan banyak dokter yang tidak mengenal beberapa obat generik. Selain itu gencarnya promosi tentang obat bermerek yang diberikan petugas penjual obat menyebabkan Dokter enggan meresepkan obat generik. Selain itu, sugesti tentang obat generik yang berkembang di masyarakat pun juga menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya penggunaan obat generik. Adanya anggapan bahwa obat generik itu hanya untuk masyarakat miskin atau obat murah dikira tidak ampuh menyebabkan masyarakat enggan mengkonsumsi obat generik.

Untuk itu sebaiknya Pemerintah perlu membuat suatu sistem yang semakin memperketat pengawasan peresepan dan meningkatkan promosi yang semakin gencar mengenai obat generik. Diperlukan kerjasama semua pihak baik industri farmasi, dokter, pemerintah dan apoteker untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran tentang penggunaan obat generik sehingga masyarakat tidak semakin dirugikan dengan mahalnya harga obat yang harus dibayarkan demi sebuah kesembuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s